Hubungi Kami 0812 1720 9001

Guyub Rukun

Setelah mengikuti pengajian rutin kitab Adabul Mufrod bersama Al Mukarrom Kyai Musthofa Ali Murtadho Rois Majelis Kyai PP Baron di Masjid Al-Izzah PP Baron, dilanjutkan dengan sarapan pagi dan liqo terbatas Majelis Kyai di kediaman Al Mukarrom Kyai Ihsan Abadi (Ketua Harian Majelis Kyai). Kemudian setelah menerima tamu sampai dengan dzuhur, saya berkesempatan takziah di salah satu warga Desa Gebangkerep Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk, sebuah desa yang bertetangga dengan PP Baron.

Kebiasaan bagus dan menurut saya luar biasa di desa ini adalah guyub rukunnya warga masyarakat untuk ikut serta takziah dan mengikuti prosesi perawatan jenazah, berupa memandikan, mengkafani, mensholati, dan memakamkan jenazah apabila ada warga yang meninggal dunia. Seluruh rangkaian prosesi perawatan jenazah tersebut hampir diikuti oleh seluruh warga desa Gebangkerep terutama prosesi pemakaman jenazah. Seluruh warga (perwakilan keluarga) juga hampir semuanya menunda aktivitasnya yang mau bepergian. Bahkan, yang bekerja tak segan-segan untuk berhenti bekerja, yang ke sawah pun harus menunda untuk pergi ke sawah, dan begitu seterusnya. Pendek kata setiap ada berita kematian, maka mereka berlomba-lomba untuk menjalankan fardhu kifayah ini.

Semoga Allah SWT mengganti amal sholih mereka dengan kebaikan yang berlipat, serta menjadi pengingat bagi kita semua bahwa bila ajal manusia sudah tiba itu tidak ada daya dan upaya yang bisa kita lakukan untuk menghindarinya. Semoga Allah SWT menerima amal perbuatan almarhumah, serta mendapat tempat yang layak sesuai dengan amal perbuatannya, Aamiin.

Terakhir, saya juga bermunajat kepada Allah supaya guyub rukunnya warga untuk mengikuti proses perawatan jenazah yang merupakan fardhu kifayah ini bisa terus dijaga dan dipelihara oleh masyarakat Gebangkerep, begitu juga di desa-desa lainnya. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001