Hubungi Kami 0812 1720 9001

Terus Bersyukur : Lihatlah Ke Bawah

انظروا إلى من هو أسفل منكم ولا تنظروا إلى من هو فوقكم ، فهو أجدر أن لا تزدروا نعمة الله عليكم

“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu” (HR. Muslim no. 2936)

Puasa Ramadhan alhamdulillah telah kita lalui bersama. Tentu kita bermohon kepada Allah SWT, semoga seluruh amal sholih kita diterima dan diridhoi Allah SWT.

Begitu juga dengan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H, juga telah kita rayakan bersama-sama. Diakui atau tidak dan disadari atau tidak “perayaan” Hari Raya Idul Fitri identik dengan suka cita dan penuh dengan “kemewahan”. Baju baru,  kendaraan baru, “rumah baru” minimal catnya yang baru atau setidaknya dibersihkan sehingga tetap rapi dan seperti baru setidaknya dari penampilan. Tidak luput kue dan aneka masakan mulai lontong dan ketupat dengan segala lauknya juga tersajikan untuk saudara,  tetangga, dan sahabat yang datang.

Tidak cukup disitu,  ternyata uang baru dibuat angpao (baca shodaqoh)  untuk keponakan dan anak-anak dari setiap tamu yang datang juga disediakan. Ya, itulah persiapan dan perayaan Hari Raya Idul Fitri yang telah kita lalui secara bersama-sama.

Semoga Allah SWT juga meridhoi seluruh amal sholih kita pada Hari Raya Idul Fitri dan pada Bulan Syawal ini. Aamiin Ya Allah Ya Robbal’alamiin.

Hal yang tidak kalah penting dari semua itu adalah :

  1. Kita harus senantiasa bersyukur atas apa yang kita dapatkan agar kita menjadi hamba-hamba yang pandai bersyukur dan tidak menjadi hamba yang kufur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita.
  2. Apa yang kita lakukan selama ramadhan dan hari raya bukan dimaksudkan untuk menyombongkan diri, begitu pula pada masa-masa yang akan datang,  tetapi lebih pada tahaduts bin ni’mah.
  3. Tetap menyadari bahwa terkait apa yang kita dapatkan itu merupakan rizki dari Allah SWT. Dan terkait rizki (harta)  dan juga urusan dunia (lainnya)  hendaknya kita senantiasa melihat ke bawah agar kita tidak meremehkan nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita dan lagi-lagi itu juga menjadi bagian dari rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Akhirnya, selamat beraktivitas dan salam Sukses Berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001