Hubungi Kami 0812 1720 9001

Aspek Fundamental yang Menjadi Dasar Falsafah dari Program Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Aspek fundamental yang menjadi dasar falsafah dari Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Program KKN dirancang dengan tujuan utama untuk mengintegrasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah dengan kehidupan nyata masyarakat. Beberapa aspek fundamental yang menjadi dasar falsafah Program KKN meliputi:

  1. Pengabdian dan Pelayanan:
    • Falsafah KKN menekankan pengabdian sebagai landasan utama. Mahasiswa diperintahkan untuk memberikan kontribusi positif, membantu memecahkan masalah, dan memberikan pelayanan kepada masyarakat setempat.
  2. Pemberdayaan Masyarakat:
    • Falsafah ini menekankan pada pemberdayaan masyarakat. Mahasiswa diharapkan tidak hanya memberikan bantuan langsung, tetapi juga meningkatkan kapasitas dan kemandirian masyarakat dalam menghadapi berbagai tantangan.
  3. Pengalaman Lapangan:
    • Program KKN didesain untuk memberikan pengalaman langsung di lapangan, di mana mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan akademis mereka dalam situasi kehidupan sehari-hari masyarakat.
  4. Keterlibatan Aktif Mahasiswa:
    • Falsafah ini mendorong keterlibatan aktif mahasiswa dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan yang dijalankan selama Program KKN. Mahasiswa diharapkan menjadi agen perubahan yang aktif.
  5. Partisipasi Masyarakat:
    • Program KKN didirikan atas prinsip partisipasi masyarakat. Mahasiswa bekerja bersama dengan masyarakat, mendengarkan kebutuhan mereka, dan merancang program yang sesuai dengan kondisi dan aspirasi lokal.
  6. Integrasi Teori dan Praktik:
    • Falsafah ini menekankan pentingnya mengintegrasikan teori yang diperoleh di kampus dengan praktik di lapangan. Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam konteks nyata.
  7. Keadilan Sosial:
    • Falsafah KKN juga mencakup aspek keadilan sosial, di mana program ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang merata kepada semua lapisan masyarakat, tanpa memandang latar belakang sosial atau ekonomi.
  8. Pengembangan Sikap Kritis dan Sensitif:
    • Program ini bertujuan untuk mengembangkan sikap kritis dan sensitif terhadap keberagaman masyarakat, serta membangun pemahaman yang lebih baik tentang permasalahan sosial.

Falsafah KKN mencerminkan komitmen universitas dalam mendidik mahasiswa sebagai agen perubahan yang memiliki kepekaan sosial, kepedulian terhadap masyarakat, dan kemampuan untuk memberikan dampak positif di tengah-tengah masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001