Hubungi Kami 0812 1720 9001

Investasi Yang Abadi

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

                                                        إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631).

Sobat. Berdasarkan  hadits ini kita  akan dapatkan  3 jenis  investasi passive income yang abadi  yang bisa  kita  lakukan :

  1. Amal jariyah. Guru saya yang tidak lain adalah almarhum ibu. Beliau mengatakan  amal  sekali hasilnya  berkali-kali dan bentuknya bisa bermacam-macam.  Mendirikan masjid, selama  masjid  itu  masih ada  dan setiap kali orang melakukan amal kebaikan disitu, maka pahalanya  terus  mengalir  meskipun anda  telah wafat. Contoh lainnya, seperti membangun masjid, mendirikan lembaga pendidikan, menggali sumur, mencetak buku yang bermanfaat, serta berbagai macam wakaf yang dimanfaatkan dalam ibadah.
  2. Ilmu yang bermanfaat, yaitu ilmu syar’i (ilmu agama) yang ia ajarkan pada orang lain dan mereka terus amalkan atau ia menulis buku agama yang bermanfaat dan terus dimanfaatkan setelah ia meninggal dunia.
  3. Anak yang sholeh yang selalu mendoakan tuanya. Karena itulah,  Nabi Muhammad SAW  memerintahkan  kepada  umatnya  untuk  menikah  dan  memiliki  keturunan karena bisa  mendapatkan  pahala yang  abadi  dengan  menghasilkan  anak  yang  sholeh.

Sobat. Kalau   kita  cermati, amal  jariyah  ini  adalah  suatu  keuntungan bagi orang-orang  yang sholeh  yang dianugerahi  kekayaan dengan uang mereka  bisa  membangun fasilitas  ibadah  dan sosial  untuk umat lebih mudah, lebih banyak, dan lebih cepat sehingga dengan demikian kekayaan akan  mendekatkan kita  kepada surga.

Sobat. Pahala  ilmu  yang  bermanfaat  merupakan  keuntungan dari Allah SWT bagi orang-orang  alim, ulama, ustadz, guru-guru, dan orang-orang  yang berkecimpung di dunia  pendidikan. Karena  mengamalkan  dan  mengajarkan  ilmu  yang  bermanfaat itulah, dahulu para sahabat, para wali Allah SWT, dan para  alim ulama menyebar  ke seluruh  dunia  untuk  mensyiarkan Islam. Oleh karena  itu, mari  kita bersama-sama  mempersembahkan apapun  ilmu  yang kita  kuasai  yang  bermanfaat bagi umat dan dunia.

Sobat. Jangan salah! Seorang anak  selain dapat  menyebabkan kedua orang  tuanya  masuk  surga,  juga  dapat  mengantarkan  kedua orang tuanya masuk  neraka  apabila  kita  tidak  mampu  mendidiknya  dengan baik.

Sekarang  bagaimana  caranya  kita  menghasilkan anak  yang sholeh ? Allah SWT menjelaskan di dalam Al-Quran  melalui  nasihat Luqman, Sang Ahli Hikmah  tentang bagaimana  pendidikan yang  harus  kita siapkan untuk anak-anak kita :

  • Aqidah atau tauhid – “ Wahai anakku! Janganlah engkau  mempersekutukan  Allah.”
  • Berbakti kepada orang  tua – “ Dan kami  perintahkan  kepada manusia (agar berbuat baik)  kepada kedua orang tuanya.”
  • Ihsan – “ Wahai anakku! Sungguh, jika ada ( sesuatu perbuatan)  seberat biji sawi dan  berada  dalam batu  atau di langit  atau di bumi, niscaya Allah SWT akan  memberinya ( balasan).”
  • Sholat – “ Wahai anakku! Laksanakanlah Sholat !
  • Amar ma’ruf Nahi Mungkar – “ Suruhlah (manusia) berbuat  kebajikan  dan cegahlah (mereka)  dari  berbuat  kerusakan.”
  • Sabar- “ Bersabarlah terhadap apa  yang  menimpamu.”
  • Budi pekerti yang  luhur – “ Janganlah  kamu  sombong, angkuh,  sederhanakanlah  dalam  berjalan  dan  lunakkan suara.

Sobat. Inilah  investasi  yang  abadi  yang  membuat  kita tidak hanya selamat  dan  bahagia di dunia,  namun juga  di akhirat.

 

Salam  Dahsyat  dan Luar Biasa !

kyai faqih syarif

 

 

 

 

( Spiritual  Motivator – DR.  N. Faqih Syarif. H, M.Si  Penulis  Buku-Buku Motivasi  dan Pengembangan Diri. Narasumber  Tetap Thank God Tommorow  is Friday Radio SMART  88.9 FM Surabaya. Pengurus  Komnasdik  Jatim. www.faqihsyarif.net )

1 Comment

  • by Ash – Shofi Posted February 16, 2018 9:48 am

    Mari kita fastabikhul Khoirots untuk berinvestasi yang abadi. Bismillah, semoga dimudahkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001