Hubungi Kami 0812 1720 9001

Menerapkan 5 AS Dalam Menjemput Rezeki

Oleh Ustadz Suliswanto, S.Pd

Ketua Takmir Masjid Al Izzah Ponpes Baron

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

Kaum muslimin rahimakumullah dimanapun panjenengan berada
Berdasarkan hukum sebab akibat, rezeki itu harus dijemput. Lalu bagaimana caranya ? Kita terapkan 5 AS, apa itu 5 AS ? Kerja keras, cerdas, ikhlas, berkualitas, dan tuntas. Apabila kita terapkan hal tersebut, insya Allah akan diberikan rezeki oleh Allah SWT.

Kerja ikhlas akan menentramkan hati, membuat bertambahnya kebaikan. Kerja keras akan menambah rezeki, kerja cerdas melipatgandakan rezeki, kerja berkualitas akan melipatgandakan rezeki berkali-kali, kerja tuntas akan membuka peluang rezeki datang menghampiri kita.

Secara umum ada dua hal cara dalam bekerja. Pertama, dengan cara profesional dan spiritual. Secara profesional seorang harus menjadi ahli di bidang yang ditekuni. Seorang yang sudah diakui keahliannya akan dicari banyak orang. Bahkan, akan dibayar mahal karena jasa atau keahliannya tersebut. Berikutnya adalah cara bekerja secara spiritual. Banyak cara yang bisa kita lakukan, seperti halnya menjadi orang yang senantiasa bertakwa. Dalam Al-Qur’an surat at-Thalaq ayat 2-3 Allah SWT berfirman :

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا. وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Artinya: “Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”

Berikutnya cara yang kedua dalam bekerja adalah bersedekahlah. Nabi SAW sudah menjanjikan bahwa barangsiapa yang banyak bersedekah hartanya akan berlimpah. Jadi orang-orang yang dikejar rezeki adalah mereka yang profesional dibidangnya, bertaqwa, serta gemar bersedekah. Mari kita memantaskan dan menata diri kita agar layak dan pantas mendapatkan kucuran rezeki dari Allah SWT, serta agar rezeki yang mengejar kita, mari tingkatkan kompetensi, skill, pengalaman, ibadah, dan sedekah kita.

Kaum muslimin dimanapun panjenengan berada. Mari ikut berpartisipasi dalam proses perapian pembangunan Masjid Al Izzah (Masjidnya Para Penghafal Al Qur’an) Ponpes Baron. InsyaAllah akan menjadi amal jariyah yang tak akan pernah terputus pahalanya dengan transfer melalui Bank Syariah Indonesia (BSI) di nomor rekening 7146741902 a.n Masjid Al Izzah. Informasi lebih lanjut, silahkan bisa menghubungi :

  1. Ustadz Nugroho Dimastoro, S.Pd., Gr (Humas Yayasan Pondok Pesantren Baron) di nomor HP/WA 0857 3029 4757.
  2. Ustadz Muhammad Izzudin Faisal Amin, A.Md (Ketua Lumbung Dana Ummat) di nomor HP/WA 0812 1614 5764.
  3. Ustadz Dwi Soni. S, S.Kom (Kepala Bidang SPSB) di nomor HP/WA 0812 1720 9001.
  4. Sahabat Pesantren Baron di Kota Panjenengan

Semoga urusan kita senantiasa dimudahkan oleh Allah SWT, aamiin

Wallahu A’lam Bishawab

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001