Hubungi Kami 0812 1720 9001

Mengapa Berbisnis ? (3)

Abdurrahman bin Auf (Bahasa Arab:عبد الرحمن بن عوف, lahir 10 tahun setelah Tahun Gajah – meninggal 652 pada umur 72 tahun) adalah salah seorang dari sahabat Nabi Muhammad yang terkenal. Ia adalah salah seorang dari delapan orang pertama (As-Sabiqunal Awwalun) yang menerima agama Islam, yaitu dua hari setelah Abu Bakar. (wikipedia.org)

Semasa hidupnya disamping berdakwah bersama Rasulullah SAW, beliau adalah saudagar yang ulung dan kaya raya. Dimana kekayaannya tersebut justru digunakan untuk menopang aktivitas dakwah dan membantu orang-orang yang membutuhkan.

Sebuah riwayat dari Ja’far bin Barqan menyebutkan bahwa saya telah mendengar bahwa Abdurrahman bin Auf ra. telah memerdekakan budak sebanyak tiga puluh ribu. Bahkan Umar ra. berkata bahwa dalam sehari Abdurrahman memerdekakan sebanyak 30 budak.

Pernah juga suatu hari terdengar kabar yang menggemparkan kota Madinah dan sampai ditelinga Aisyah ra. bahwa ada kurang lebih 700 kendaraan yang datang dari Syam dan itu semua milik Abdurrahman. Mengetahui hal tersebut, Aisyah ra. lalu berkata, “Ingatlah! Saya pernah mendengar Nabi saw. bersabda, “Saya melihat Abdurrahman bin Auf ra. masuk surga dengan merangkak.”

Mendengar ucapan Aisyah ra. tersebut, beliau langsung mendatanginya dan minta penjelasannya. Menanggapi hal tersebut, ia langsung menyedekahkan 700 unta tersebut berikut pelananya .

(Bersambung)

Salam Sukses Berkah

2 Comment(s)

  • by mamik laila Posted April 6, 2018 4:33 am

    Subhanallah, semoga allah angkat derajat kita sebagaimana abdurrahman bin auf.

  • by Ash shofi Posted April 6, 2018 4:01 pm

    Semoga kita bisa mengambil hikmah dari kepribadian abdurrahman bin auf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001