Hubungi Kami 0812 1720 9001

Sholat Idul Adha Pondok Pesantren Baron Hari Ini : Merindukan Persatuan Ummat

Alhamdulillah hari ini, Selasa 21 Agustus 2018 saudara-saudara kita kaum muslimin yang menunaikan ibadah haji berhari raya Idul Adha dengan memotong hewan qurban. Setelah sebelumnya Senin, 20 Agustus 2018 mulai matahari terbit sampai dengan sebelum matahari terbenam, berkumpul di Padang Arafah untuk menjalani puncak ibadah haji, yakni Wukuf Arafah.

Sementara kita di seantero negeri dan dunia yang tidak menunaikan ibadah haji hari ini, juga berhari raya qurban yang diawali dengan sholat Idul Adha. Sementara kemarin disaat saudara-saudara kita wukuf arafah, kita puasa Sunnah Arafah.

Hari raya qurban sebenarnya moment penting bagi kaum muslimin untuk menggalang persatuan. Namun sayang karena tersekat-sekat dalam bingkai nasionalisme, hal tersebut begitu mudah tergoyahkan.

Akhirnya di negeri ini yang hanya selisih 4 jam dengan Makkah, tetap memutuskan berhari raya qurban Rabu, 22 Agustus 2018. Sementara hari ini yang seharusnya berhara raya malah harus Puasa Arafah, sesuatu yang tidak lazim di masa baginda Rasulullah SAW dan para sahabat. Tapi itulah realitas yang terjadi karena keengganan, keegoan masing-masing kelompok, golongan dan juga negara.

(Dalil-dalil tentang penetapan hari raya qurban bisa di baca kembali dalam Catatan Harian Abi Abdul Aziz Edisi Senin, 20/08/2018 (http://ponpesbaron.id/pondok-pesantren-baron-bersama-ummat-akan-merayakan-hari-raya-idul-adha-1439-pada-tanggal-21-agustus-2018/)

Oleh karena itu, sungguh kita merindukan persatuan Ummat Islam. Persatuan yang haqiqi di bawah naungan Al Qur’an dan As Sunnah. Karena hanya dengan Al Qur’an dan As Sunnah, persatuan haqiqi itu benar-benar bisa diwujudkan.

Selamat berhari raya Qurban, 10 Dzulhijjah 1439 H. Selamat memotong qurban (sampai dengan hari tasyrik).

Selamat beraktivitas.

Salam Sukses Berkah

Catatan 
Sholat Idul Adha Selasa, 21 Agustus 2018 (10 Dzulhijjah) di :
(1). Pondok Pesantren Baron Pusat diikuti lebih dari 600 orang dengan Imam Ustadz Suhairi, S.Th.I Al Hafidz dan Khatib Abi Abdul Aziz, S.Tr.Kes.
(2). Pondok Pesantren Baron Bogor diikuti lebih dari 500 orang dengan Imam Ustadz Yusuf Ariga, S.E.I ( Mudir Ma’had Pondok Pesantren Baron Bogor) dan Khatib Ustadz Iwan Januar, S.I.Kom.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001