Hubungi Kami 0812 1720 9001

Atasi Stress Dengan Dekat Illahi

Jika kebahagiaan bisa dibeli, pasti orang-orang kaya akan membeli kebahagiaan. Jika kebahagiaan itu ada di suatu tempat, pasti belahan lain di bumi akan kosong. Kebahagiaan  ada di dalam hati  setiap manusia. Hati yang bersih dan ikhlas, serta pikiran jernih. Jika kamu tidak memiliki apa yang kamu sukai, maka sukailah apa yang kamu miliki saat ini. Bahagia adalah tidak meratapi yang tiada dan tidak mencari yang tiada tetapi mensyukuri  yang ada.

Salam Dahsyat dan Luar Biasa! ( Faqih Syarif, 2018 )

Sobat. Apa sih management stres itu? Kemampuan mengatur, mengelola, dan  memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mengatasi gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang muncul akibat respons terhadap stres yang ada.

Telah Allah kabarkan kepada kita semua bahwasanya seluruh karunia berasal dari-Nya agar kita menunaikan hak Allah SWT dalam beribadah dan bersyukur. Dan kita berharap tambahan kepada-Nya, Allah SWT berfirman :

“Kebajikan apapun yang kamu peroleh adalah dari sisi Allah dan keburukan apapun yang menimpamu itu dari (kesalahan) dirimu sendiri.” (QS. An-Nisaa: 79).

Sobat. Seluruh nikmat dan kebaikan yang dirasakan oleh manusia semuanya adalah karena karunia dari Allah SWT dan kasih sayang dari-Nya. Dan keburukan-keburukan yang didapatkan dikarenakan perbuatan manusia sendiri, Allah Maha Pengasih, Maha Bijaksana.

Allah memberi karunia kepada kita agar menjadikan diri kita lebih taat kepada-Nya, lebih bersemangat dalam beribadah kepada-Nya, juga untuk memakmurkan dunia. Allah berfirman :

“Demikianlah Allah menyempurnakan nikmat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya).” (QS. An-Nahl: 81).

Karena Islam sesungguhnya adalah berserah diri, dalam agama kita yang indah ini juga diberikan tuntunan dan pedoman hidup sebagai jalan untuk mencapai kepasrahan yang sejati. Seorang manusia yang dekat dengan Tuhannya adalah jaminan ketentraman hati kedamaian jiwa. Dengan begitu, apapun masalah yang dihadapi di dunia ini akan bisa terlewati dan dilalui dengan penuh lapang dada dan keikhlasan. Ingatlah bahwa setelah kesulitan pasti akan datang kemudahan, firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam surat Al-Insyirah ayat 5-8 yang artinya :

Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan [5], sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan [6]. (Q.S Al-Insyirah ayat 5-6).

Agar hati selalu damai, pikiran jernih, dan jiwa yang tentram, perbanyak beramal sholeh melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala apa yang menjadi larangan-Nya. Jika seorang manusia sudah dicintai Allah SWT, ia akan mendapatkan kedamaian yang hakiki.

Cara Mengatasi Stres Pikiran Menurut Islam

Stres bersumber dari sebuah permasalahan hidup yang seseorang alami. Sebenarnya stres itu wajar dalam koridor tertentu dan semua orang pasti mengalaminya. Setiap masalah yang manusia hadapi adalah cobaan dan sebagai tanda kasih sayang Allah subhanahu wa ta’ala kepada hamba-Nya.

Setiap insan yang bisa melewati ujian dengan baik, Insya Allah kehidupannya juga akan lebih baik, derajatnya juga akan meningkat disisi Allah SWT. Namun ada juga stres yang boleh di bilang melampaui koridor, yaitu stres yang bersumber dari masalah yang berupa azab karena seorang hamba lalai terhadap Tuhannya.

Sesungguhnya Allah mencintai semua hambanya yang bertaqwa. Sungguh azab Allah tidak akan datang, kecuali manusia tersebut telah melampaui batas dan azab itu datang disebabkan karena kedzoliman yang dilakukan seorang hamba.

Apa yang kita perbuat, maka hal itu juga yang akan kita dapat. Sebenarnya pondasi untuk mengatasi segala permasalahan yang dialami adalah mengembalikannya kepada Allah. Allah adalah tempat kita kembali, Allah adalah solusi terbaik.

Sobat. Dr. Masaru Emoto, penulis buku The Healing & Discovering the power of water menyatakan marah selama 5 menit akan menyebabkan sistem imun tubuh kita mengalami depresi selama 6 jam. Dendam dan menyimpan kepahitan akan menyebabkan imun tubuh akan mati. Dari situlah bermula segala penyakit, seperti stres, kolesterol, hipertensi, serangan jantung, rematik, arthritis, stroke. Jika kita sering membiarkan diri kita stres, maka kita sering mengalami gangguan pencernaan.

Maka jangan kita semua menjadi seorang manusia yang melampaui batas dan melakukan dosa-dosa besar yang bisa mematikan hati. Dosa besar yang umum adalah durhaka kepada kedua orang tua, meninggalkan shalat, bermaksiat dan berzina, naudzubillah. Semoga Allah SWT senantiasa menjaga kita semua agar dijauhkan dari dosa-dosa besar.

Salam Dahsyat dan luar biasa !

 

 

 

 

 

( Spiritual Motivator – N.Faqih syarif H  Penulis Buku Gizi Spiritual. Narasumber Thank  God tomorrow is Friday Radio SMART 88.9 FM Surabaya. Pengurus Komnas Pendidikan Jawa Timur. www.faqihsyarif.net )

1 Comment

  • by Ash – Shofi Posted April 17, 2018 7:38 am

    Begitu inspiratif isinya, jazakumullah khoiron katsir atas ilmunya. Insya Allah sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001