Hubungi Kami 0812 1720 9001

Berawal Dari Sepeda Motor Yang Hilang (2)

Tiga kali menjadi penyalur hewan qurban dan alhamdulillah dinilai sukses dalam menjalankan amanah pendistribusian hewan qurban pada program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa Republika, pada tahun 2002 saya mendapat amanah yang lebih besar dengan ditetapkan sebagai mitra pemberdayaan peternak Dompet Dhuafa Republika dimana tugas pokok dan fungsinya adalah menyiapkan 300 ekor kambing dan domba selama 4-5 bulan sebelum hari raya qurban.

Sejak itu amanah distribusi hewan qurban dari Dompet Dhuafa Republika semakin besar (diatas 500 ekor) karena disamping menyalurkan 300 hewan qurban melalui program  pemberdayaan peternak, juga menyalurkan hewan qurban yang harus dibeli mendadak pada hari tasyrik karena membludaknya pengqurban lewat lembaga nir laba tersebut. Pada tahun 2003 di samping menyalurkan hewan qurban melalui program pemberdayaan peternak, saya juga mendapat amanah tambahan untuk menyalurkan 8,182 ton daging Qurban beku dari Muslim Aid Australia serta 10 ton beras dari Dompet Dhuafa Republika untuk bantuan kemanusian tanah longsor di Situbondo Jawa Timur. Sebelumnya dalam tragedi Sampit, kita juga dapat amanah untuk menyalurkan hewan Qurban berupa kambing dan sapi ke Desa Sepuluh Bangkalan Madura, tempat pengungsian sementara korban Sampit.

Pada tahun 2004 usaha pemberdayaan masyarakat yang biasanya nyaris tidak ada masalah, mulai menuai batu sandungan, diawali dari pembuatan kandang kambing, beralihnya pengelolaan domba menjadi kambing jawa dan etawa mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Tidak kurang  165 juta dana yang kita investasikan melayang, hutang menumpuk dan akhirnya pada tahun 2005 kita minta ijin satu tahun tidak ikut program pemberdayaan peternak yang memang kita anggap sangat beresiko dan hanya ikut program pengadaan hewan Qurban saja. Alhamdulillah dengan off satu tahun dan hanya sebagai penyalur hewan Qurban, tersebut seluruh hutang-hutang bisa di seleseikan dan pada tahun 2006 aktif kembali dalam progran pemberdayaan peternak. Pada tahun 2008 mulai menemukan pola kerjasama pemberdayaan yang cukup bagus,  terkait program tersebut dengan para peternak, dan program terus kita perbaiki, dan alhamdulillah hal tersebut mulai dijalankan oleh Dompet Dhuafa sejak 2015 meskipun tidak bisa disebut mengadopsi program yang kita lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001