Hubungi Kami 0812 1720 9001

Jangan Takut Memulai

Memiliki bisnis sendiri merupakan impian banyak orang. Namun, banyak orang yang tidak cukup keberanian untuk memulai bisnis. Mulai takut rugi, takut modalnya hilang, takut barang yang dijual tidak laku, takut bangkrut, serta banyak ketakutan-ketakutan lainnya sehingga recana untuk membikin bisnis tidak kunjung dimulai. Hal ini tentu sangat wajar karena resiko dalam membangun bisnis itu memang tidaklah kecil. Namun, perlu diketahui tidak satu orangpun barangkali saat ini yang memiliki bisnis, baik yang berskala kecil dan menengah atau besar yang tidak mengalami kesulitan halangan atau hambatan dalam menjalankan roda bisnisnya. Bahkan, banyak juga yang selalu berganti bisnis dari satu bisnis ke bisnis lain. Hal ini sebenarnya juga akibat belum ditemukannya bisnis yang tepat pada dirinya dan itu pasti akan menghilangkan modal, waktu, tenaga, pikiran sebelumnya yang telah dicurahkan dalam membangun bisnis tersebut.

Pertanyaannya adalah apakah “kerugian” tadi hakikatnya rugi? Menurut saya tidak, justru itulah yang akan mengantarkan kepada impian yang ingin kita raih. Kerugian atau mungkin lebih tepat belum berhasilnya bisnis yang kita lakukan tadi, sesungguhnya akan mengantarkan kita pada munculnya nilai dalam diri kita berupa keuletan, kegigihan, tidak mudah menyerah, bermental baja, serta yang paling penting adalah kesabaran dalam menjalankan proses bisnis yang ingin diwujudkannya.

Kata guru saya, setiap manusia itu memiliki jatah gagal dan jatah berhasil. Selagi kita kuat dan mampu, selagi kita masih muda, selagi kita masih punya modal, selagi kita masih punya keberanian, selagi kita masih punya kesempatan, maka habiskan jatah gagal tersebut karena hakekatnya kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.

Oleh karena itu, jangan takut gagal membangun bisnis. Mari kita mulai dari sekarang, insya Allah pada saatnya nanti Allah SWT akan memberikan hadiah terindah kepada kita, asal kita bisa selalu bersabar, bersyukur, dan terus memohon agar Allah SWT memberikan jalan dan hasil terbaik dalam kesungguhan kita ketika membangun bisnis.

Oleh karena itu dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, mari kita memulai bisnis kita.

Salam Sukses Berkah

1 Comment

  • by Sunaryo Posted January 22, 2018 1:13 pm

    Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001