Hubungi Kami 0812 1720 9001

Kabar Gembira Bagi Para Walisantri Yang Menjenguk Putra -Putrinya Di Pondok Pesantren Baron

Alhamdulillah, bagi para walisantri yang mempunyai jadwal menjenguk putra – putrinya setiap Ahad pertama setiap bulan bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menuangkan rasa kangen mereka dengan mengajak putra – putrinya ijin jalan – jalan keluar Pondok Pesantren Baron.

Berikut merupakan beberapa tempat wisata di sekitar daerah Baron, Nganjuk yang bisa para walisantri coba untuk dikunjungi pada moment penjengukan tersebut, diantaranya sebagai berikut :

1. Goa Margo Tresno

Lokasi: Jalan Kr Goa Margo Tresno, Sugihwaras, Kecamatan Ngluyu
Tiket: Rp 3.000.

Mirip seperti Goa Pindul di Provinsi Yogyakarta, Goa Margo Tresno juga memiliki areal kolam yang bisa dimanfaatkan untuk sekedar berenang dan bermain air. Kalau Anda ke sini, jangan lupa untuk menyempatkan diri mandi di kolamnya ya!

2. Jurang Gatuk

Alamat: Desa Gondang, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk
Biaya:
Gratis

Di sini Anda dapat melihat indahnya panorama alam pegunungan lengkap dengan areal persawahan milik masyarakat sekitar.

Selain itu ada juga areal air terjun yang cukup tinggi dengan aliran air yang sangat bersih dan jernih.

3. Air Terjun Sedudo

Lokasi: Desa Sawahan, Kec. Ngliman, Kabupaten Nganjuk
Biaya: 
Rp 2.500 / orang
Jam Operasional: 
08.00 – 16.00 WIB

Tempat piknik di Nganjuk yang berikutnya adalah Air Terjun Sedudo. Air Terjun Sedudo merupakan salah satu air terjun tertinggi di Nganjuk. Total air terjun ini memiliki tingkat ketinggian sekitar 105 meter dengan debit aliran air yang relatif tidak begitu deras.

Terletak di daerah dataran tinggi (sekitar 1400 mdpl), kondisi udara di sekitar air terjun ini terasa cukup sejuk dan dingin.

4. Grojogan Duwur Sumbermiri

Lokasi: Lengkong, Sumbermiri, Kabupaten Nganjuk
Biaya: 
Gratis

Sesuai nama yang dimilikinya, objek wisata ini menawarkan aliran air berbentuk grojogan bertingkat yang mirip seperti air terjun.

Di sini Anda bisa mandi dan bermain air sepuasnya. Jika mau Anda juga bisa memancing di beberapa arealnya untuk menangkap berbagai macam spesies ikan yang hidup di sana.

5. Wisata Bukit Batu Songgong

Alamat: Desa Margopatut, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk
Jam Operasional: 
24 jam

Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa areal dataran di atas bukit yang dipenuhi dengan jejeran batu berwarna kuning tua kecoklatan.

Menurut informasi yang beredar, warna jejeran batu yang ada di bukit ini terbentuk dengan sendirinya begitu saja secara alami.

Biasanya, wisatawan sengaja datang ke objek wisata ini untuk sekedar berfoto sembari menikmati indahnya alam pegunungan khas dataran tinggi Nganjuk.

6. Monumen Dr. Soetomo

Lokasi: Desa Ngepeh, Kecamatan Loceret, Kab. Nganjuk
Jam Operasional: 
24 jam
Biaya: 
Gratis

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Nama Dr. Soetomo bukan? Itu lho yang pahlawan kemerdekaan itu! Nah, percaya atau tidak, salah satu pahlawan yang sangat berjasa dalam proses kemerdekaan Indonesia itu merupakan orang asli Nganjuk lho!

Itulah kenapa Monumen Dr. Soetomo didirikan di Kab. Nganjuk. Alasannya karena beliau memang lahir di Kab. Nganjuk.

Uniknya, tidak hanya sekedar satu kabupaten saja, lokasi pas Monumen Dr. Soetomo kabarnya adalah lokasi dimana ari – ari bayi Dr. Soetomo ditanam dahulu.

Sangat keren bukan?

7. Museum Anjuk Ladang

Lokasi: Jl. Gatot Subroto, Kauman, Kabupaten Nganjuk
Biaya: 
Gratis
Jam Operasional: 
08.00 – 14.00 WIB

Lokasi: Desa Bajulan, Kecamatan, kec. Loceret, Nganjuk

Museum ini memiliki koleksi benda bersejarah yang sangat lengkap. Dari mulai benda peninggalan Hindu kuno, benda peninggalan kerajaan Majapahit, sampai dengan Doho, semuanya bisa dilihat dan ditemui di museum ini.

Selain itu, museum ini juga sangat terkenal akan Prasasti Anjuk Ladang nya yang notabene merupakan prasasti tanda terlahirnya Kota Nganjuk.

8. Taman Rekreasi Anjuk Ladang

Lokasi: Jl. Anjuk Ladang, Ploso, Kec. Nganjuk, Kabupaten Nganjuk

Taman ini menawarkan berbagai macam fasilitas wisata seperti joging track, camping area, dan taman hewan mini.

Beberapa hewan yang bisa ditemui di taman hewan mininya adalah kera, rusa, dan berbagai macam spesies burung.

9. Taman Pandan Wilis

Lokasi: Desa Warungotok, Kabupaten Nganjuk
Jam Operasional: 
08.00 – 21.00 WIB

Taman Pandan Wilis merupakan salah satu tempat wisata baru di Nganjuk yang sedang hits di kalangan anak muda Kab dan Kota Nganjuk. Objek wisata ini pertama kali dibuka pada Tahun 2015 yang lalu.

Walaupun masih tergolong baru, namun karena tempatnya kece dan bagus, taman ini langsung ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama yang berasal dari kalangan anak muda.

10. Agrowisata Nganjuk

Lokasi: Desa Rejoso, Desa Gondang, Desa Sukomoro, dan Desa Wilangan – Kab. Nganjuk

Nah, jika Anda ingin mengetahui dan melihat secara langsung proses budidaya bawang merah di Nganjuk, Anda dapat berkunjung ke kawasan Agrowisata Nganjuk yang terletak di beberapa desa yang ada di Kab. Nganjuk, yaitu Desa Rejoso, Desa Gondang, Desa Sukomoro, dan Desa Wilangan.

Nantinya, selain bisa melihat proses budidaya bawang merah secara langsung, Anda juga bisa ikut membantu para petani entah itu dalam proses penanaman, pengolahan lahan, pemupukan dan atau pemanenan.

Selain itu, karena letak desa – desa tersebut ada di bawah kaki Gunung, Anda juga bisa berburu foto dengan latar belakang berupa pemandangan gunung yang luar biasa eksotis.

11. The Legend Waterpark Nganjuk

Lokasi: Jalan Raya Surabaya- Madiun KM. 04, Nglawak, Kertosono, Kabupaten Nganjuk
Tiket: 
Rp 25.000 / orang
Jam Operasional: 
09.00 – 17.00 WIB

The Legend Waterpark merupakan salah satu tempat wisata keluarga paling populer di Nganjuk. Waterpark ini menawarkan daya tarik utama berupa wahana permainan air yang sangat luas dan lengkap.

Di sini anak – anak bisa bermain di berbagai macam wahana air populer seperti ember tumpah, seluncuran, dan lain – lain.

Selain itu ada juga beberapa fasilitas wisata pendukung yang tidak kalah menarik untuk disambangi, seperti: Bioskop 4 dimensi, panggung hiburan, rumah hantu, lapangan futsal, food court, dan lain – lain.

Menurut informasi yang beredar, saat artikel ini ditulis, The Legend Waterpark Nganjuk merupakan salah satu dari beberapa waterpark berstandar internasional di Indonesia.

12. Agrowisata Perkebunan Mawar

Lokasi: Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk

Agrowisata ini menawarkan daya tarik utama berupa kawasan perkebunan mawar yang sangat luas dan luar biasa eksotis.

Di sini Anda dapat melihat proses budidaya beraneka jenis spesies mawar dari mulai proses penanaman, perawatan, sampai dengan pemanenan.

Jika mau, saat berkunjung ke sini Anda dapat ikut serta dalam proses penanaman ataupun pemanenan mawar.

Selain itu, Anda juga bisa membeli oleh – oleh berupa olahan mawar berbentuk sirup atau pun parfum yang bahan bakunya dibuat dari bunga mawar yang dibudidayakan di kebun tersebut.

13. Waduk Putukrejo

Lokasi:  Desa Putukrejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk

Satu lagi waduk di Nganjuk yang kini diubah menjadi objek wisata keluarga, yakni waduk Putukrejo. Waduk ini juga menjadi salah satu spot memancing para mancing mania.

Dari waduk ini, kamu bisa melihat indahnya Sunset bak di lautan yang indah dan menawan. Selain untuk menikmati sunset, kamu juga bisa mencoba berbagai aktivitas seru disini, mulai dari trek berlari, naik kapal, bebek-bebekan dan masih banyak lagi.

Semoga beberapa tempat wisata tadi bisa menjadi tempat referensi bagi para walisantri beserta putra – putrinya pada saat hari penjegukan di Pondok Pesantren Baron, Aamiin

Selamat Menikmati Liburan Sekeluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001