Hubungi Kami 0812 1720 9001

Menyingkap Keutamaan Sedekah

Oleh : Ustadz Suliswanto, S.Pd

Ketua Takmir Masjid Al Izzah Ponpes Baron

Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sedekah berasal dari bahasa arab, yaitu shadaqah yang berarti suatu pemberian yang diberikan seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan tanpa dibatasi waktu, jumlah, dan diberikan secara suka rela. Bisa juga diartikan sebagai kebajikan yang diberikan seseorang yang hanya mengharapkan ridho Allah SWT dan pahala semata.

Kemudian oleh ahli fiqih disebut sadaqah at-tatawwu(sedekah secara spontan dan sukarela). Para ahli fiqih sepakat bahwa hukum sedekah adalah sunnah. Adakalanya hukum sedekah menjadi haram, yaitu saat orang yang bersedekah mengetahui bahwasanya orang yang akan menerima sedekah akan menerima harta sedekah untuk digunakan kemaksiatan. Hukum sedekah juga menjadi wajib ketika seseorang memiliki nadzar hendak bersedekah kepada seseorang atau lembaga atau siapapun yang pernah ada pada nadzarnya.

Dalam Al Quran banyak sekali ayat yang menganjurkan kaum muslimin untuk senantiasa bersedekah. Salah satu firman Allah SWT dalam Al Qur’an yang artinya, “Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barang siapa yang berbuat demikian karena mencari keridhoan Allah SWT, maka kelak kami akan memberi kepadanya pahala yang besar.” (QS. An-Nisa` : 114 ), serta masih banyak lagi hadits – hadits yang menganjurkan sedekah.

Dengan demikian, mari kaum muslimin/muslimat apabila panjenengan semua berkenan atau ingin mentasharrufkan dan mendermakan sebagian harta panjenengan di jalan Allah SWT, Masjid Al Izzah (Masjidnya Para Penghafal Al Qur’an) masih membutuhkan infaq terbaik panjenengan semua.

Donasi bisa dilakukan melalui transfer ke Bank Syariah Indonesia (BSI) di nomor rekening 7146741902  a.n Masjid Al Izzah. Info lebih lanjut terkait pembangunan Masjid Al Izzah (Masjidnya Para Penghafal Al Qur’an) bisa menghubungi :

  1. Ustadz Nugroho Dimastoro, S.Pd., Gr (Humas Yayasan Pondok Pesantren Baron) di nomor HP/WA 0857 3029 4757.
  2. Ustadz Muhammad Izzudin Faisal Amin, A.Md (Ketua Lumbung Dana Ummat) di nomor HP/WA 0812 1614 5764.
  3. Ustadz Dwi Soni. S, S.Kom (Kepala Bidang SPSB) di nomor HP/WA 0812 1720 9001.
  4. Sahabat Pesantren Baron di Kota Panjenengan

Selamat berinfaq dan meraih surga melalui Masjid Al Izzah (Masjidnya Para Penghafal Al Qur’an) Pondok Pesantren Baron dan menjalankan lbadah Puasa 1443 H.

Semoga segala urusan panjenengan semua senantiasa dimudahkan oleh Allah SWT, Aamiin..

Wallahu ‘Alam Bishawab

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001