Hubungi Kami 0812 1720 9001

Pondok Pesantren Baron : Selamat Milad ke-25 Dompet Dhuafa, Karena Dompet Dhuafa Kami Ada

Hari ini, 2 Juli 2018 Dompet Dhuafa tepat berusia 25 tahun. Usia yang cukup matang untuk sebuah lembaga amil zakat Nasional. Sebenarnya kebersamaan kami dengan Dompet Dhuafa memang cukup lama, tepatnya sejak musim kurban 1419 H, 20 tahun lalu untuk hitungan tahun baru islam (Hijriyah) atau 1999 M. Tentu sudah banyak yang  kita lakukan sejak kami bersama (baca : menjadi mitra) Dompet Dhuafa (saat itu masih bernama Dompet Dhuafa Republika). Saat itu untuk bermitra denga  Dompet Dhuafa belum mensyaratkan  menggunakan lembaga, sehingga mayoritas para mitra masih atas nama pribadi.

Adapun kerjasama yang kita lakukan dengan Dompet Dhuafa, mulai dari penyaluran hewan kurban, beasiswa Anugerah senilai 650.000.000 di peruntukkan bagi mahasiswa yang di terima di ITS, UNAIR, IKIP Surabaya, Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Jember melalui jalur UMPTN dan dari keluarnga tidak mampu, serta Beasiswa Etos untuk 87 mahasiswa selama dua tahun senilai 600.000.000 an, penyaluran bantuan korban kerusuhan Sampit di penampungan Bangkalan Madura, korban tanah longsor di Situbondo dan sekitarnya sebanyak 10.000 kg beras dan 8.172 kg daging kurban sumbangan kaum Muslimin di Australia (Australia Islam Development).

Tahun 2007 kami juga termotivasi oleh Dompet Dhuafa sehingga kami  mendirikan layanan aqiqah (saat ini di kenal dengan nama aqiqah berkah, www.aqiqahberkah.com). Tidak cukup disitu, untuk menjaga keberlangsungan dan mewadai berbagai macam aktivitas kami, kita akhirnya mendirikan Badan Wakaf, Zakat, Infaq dan Shodaqoh Peduli Dhuafa Dengan beberapa aktivitas tersebut yakni berupa distribusi dan akumulasi hewan kurban,  peternakan domba dan kambing berbasis pemberdayaan masyarakat, yang kita laksanakan sejak menjadi mitra Dompet Dhuafa, Aqiqah Berkah dan Peduli Dhuafa, maka pada tahun 2007 kita membeli lahan seluas 3.628 m2 yang kemudian pada tahun 2011 kita gunakan untuk membangun pesantren, yakni Pondok Pesantren Baron dan mulai beroperasional pada bulan Juli 2012. Saat ini alhamdulillah pesantren tersebut telah memiliki lebih dari 500 santri dengan luas lahan lebih dari 1 hektar dan di kelola lebih dari 140 karyawan, ustadz/ah pengajar dan pengurus.

Sementara dari penerima manfaat lainnya dari program Dompet Dhuafa selain lembaga kita tentu saja masyarakat sekitar, baik yang terlibat langsung dalam program pemberdayaan peternak ataupun penerima manfaat berupa daging kurban, dan jumlahnya ini tentu cukup banyak, karena lebih dari 6.000 hewan kurban telah kami salurkan melalui program kurban ini (Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa) di wilayah Nganjuk dan sekitarnya.

Untuk itu, atas nama pribadi, masyarakat penerima manfaat di wilayah Nganjuk dan sekitarnya,serta atas nama Aqiqah Berkah, Peduli Dhuafa dan Pondok Pesantren Baron mengucapkan terima kasih banyak atas kerjasamanya. Selamat bermilad yang ke-25, semoga kehadiran Dompet Dhuafa semakin bermanfaat bagi masyarakat dengan  cakupan yang semakin luas dan semakin profesional dalam mengelola dana ummat sesuai dengan tema milad Dompet Dhuafa kali ini, yaitu  “Membentang Kebaikan Bersama Anda”

Sebagai tahaduts bin ni’mah, tidak ada salahnya Dompet Dhuafa banyak bersyukur dan sekaligus berbangga, karena Dompet Dhuafa Kami Ada.

Salam Sukses Berkah

3 Comment(s)

  • by Lis Artati Posted July 2, 2018 4:54 pm

    Alhamdulillah semoga semakin membawa keberkahan bagi umat

  • by JODI Posted July 2, 2018 5:05 pm

    Subhanallah keren

  • by Ash shofi Posted July 2, 2018 7:20 pm

    Semoga semakin sukses dan lancar untuk program Peduli Dhuafa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001