Hubungi Kami 0812 1720 9001

SANGKAN PARANING DUMADI

Oleh : Ust. Suliswanto, S.Pd

Ketua Takmir Masjid Al Izzah Pondok Pesantren Baron

Assallamuallaikum warahmatullahi wabarokatuh

Menginfaqkan harta yang kita cintai merupakan sesuatu yang luar biasa. Hal tersebut salah satu bentuk meraih kebajikan yang hakiki, bila dikaitkan dengan iman karena iman perlu pembuktian dan pengorbanan.

Sejatinya saat manusia memahami tiga simpul besar manusia, orang Jawa kuno menyebut dengan Sangkan Paraning Dumadi ( dari mana..? untuk apa..? mau kemana..? Bila hal tersebut sudah dipahami, maka seseorang insan manusia cenderung merasa tenang, nyaman, bahagia, dan cenderung tidak kemrungsung dalam mengarungi kehidupan. Pun seorang insan akan senantiasa rela menginfaqkan harta terbaiknya. Iya, kenapa..? Dia sadar, kelak dia akan kembali menghadap pada Illahi Rabbi. Dia sadar, harta terbaiknya yang dia infaqkan pada jalan Allah SWT tersebutlah yang bermanfaat di Akhirat kelak, seperti yang sudah disabdakan oleh manungso jalmo pinilih, baginda besar Nabi Muhammad SAW :


إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya:
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Bila panjenengan semua berkenan mentasharrufkan sebagian harta panjenengan untuk infaq pembangunan Masjid Al Izzah, panjenengan bisa menyalurkan melalui nomor rekening 7146741902 atas nama Masjid Al Izzah atau langsung menghubungi Ustadz Dwi Soni. S, S.Kom di nomor HP/WA 0812 1720 9001 dan Ustadz Suliswanto, S.Pd di nomor HP/WA 0858 5331 9179.

Maka semakin ia berkorban dengan harta terbaiknya, raga ataupun jiwanya, semakin kuat pula keimanannya. Manusia diciptakan berupa fitrah, kecenderungan mencintai harta benda. Semua manusia memiliki fitrah ini. Tidak ada manusia yang tidak mencintai hartanya. Hanya saja banyak insan yang mampu menekan kecintaan itu sehingga tidak melebihi cintanya kepada Allah SWT, Rasul, dan jihad di jalanNya melalui jiwa dan harta.

Dengan demikian, mari kita bersama-sama bahu membahu menginfaqkan harta terbaik kita untuk Masjid Al Izzah Pondok Pesantren Baron. Insya Allah, kelak harta yang kita gunakan dijalan Allah SWT akan menjadi jariyah dan pemberat timbangan kelak di kita akhirat. Semoga segala urusan kita senantiasa dimudahkan Allah SWT, Aamiin..

Wassallamuallaikum warahmatullahi wabarokatuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001