Hubungi Kami 0812 1720 9001

Terus Berbenah

“Innaallaha laa yughayyiru ma biqoumin hatta yughoyyiru ma bi anfusihim”. Artinya: Sesungguhnya Allah tidak mengubah apa yang ada pada sebuah kaum hingga mereka mengubah apapun yang ada pada diri mereka. (QS. Ar ra’du ayat 11).

PP Baron yang tahun ini masuk tahun ajaran ke-6 (2012/2013 – 2017/2018) alhamdulillah terhitung berkembang pesat. Ini tidak lepas dari perkembangan santri yang belajar di pesantren. Bila awal berdiri tahun 2012 hanya 35 santri, saat ini santri yang belajar di pondok pesantren 429 anak yang duduk pada level SMP dan SMA, di mana 165 diantaranya merupakan santri pada program tahfidz (santri PP Tahfidzul Qur’an, Villa Qur’an) yang dikelola oleh tidak kurang dari 130 orang terdiri dari majelis kyai, pengurus yayasan, ustadz/ustadzah, dan para karyawan. Tidak cukup disitu, alhamdulillah kita juga sudah merintis PG, TK di Baron dan PG, TK, SD di Jombang pada Juli 2017 dengan total anak didik 33 anak, serta mengembangkan cabang baru di Bogor dan Kendari. Sementara di Pangkalan Bun anak didik kita sebanyak 35 anak. Tentu dengan capaian tersebut kita wajib selalu bersyukur kepada Allah SWT atas amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh walisantri kepada kita. Dengan kondisi tersebut, tentu kita dituntut untuk terus berbenah supaya kita bisa memberikan riayah terbaik pada anak-anak dan walisantri.

Kami menyadari dalam mengelola pesantren ini tidak luput dari kekurangan dan kesalahan, tetapi kita juga memiliki komitmen yang kuat untuk selalu berbenah, berbenah untuk terus maju melakukan perubahan-perubahan positif dalam rangka untuk meningkatkan layanan kami kepada anak-anak dan walisantri, serta masyarakat pada umumnya.

Di sela-sela liburan anak-anak pada akhir dan awal tahun ini, misalnya kita juga mulai intensive melakukan rapat-rapat kecil, melanjutkan rapat-rapat sebelumnya yang sudah dilakukan pasca dibentuknya tim kecil pada 1 Desember 2017 yang dipimpin oleh Mudir’Aam PP Baron Kyai Haji Choiri Sulaiman, dimana tugas tim ini adalah menyempurnakan SPO (Standart Prosedur Operasional) baik untuk sekolah maupun pondok. Tim ini dipecah lagi menjadi dua kelompok yang lebih kecil. Penyempurnaan SPO pesantren tim dikoordinasi oleh pengasuh pondok pesantren Kyai Abdul Karim. Sementara SPO sekolah formal yang terdiri dari SMP, SMA, dan program penjurusan dikoordinasi oleh Ustadz Ainun Nadzif, ST. Sementara saya, selaku ketua umum tanfidiyah memimpin langsung tim khusus yang bertugas menyempurnakan SPO pengelolaan yayasan secara keseluruhan yang terdiri dari tim-tim kecil berdasarkan kelompok kerja masing-masing dalam rangka untuk menyempurnakan sistem administrasi, keuangan, pengelolaan SDM, pembangunan, pengabdian masyarakat, pengelolaan amal usaha, pengembangan yayasan, serta pola komunikasi dengan pihak luar/masyarakat. Dimana seluruh tim-tim yang dibentuk ini langsung dikendalikan dan diarahkan sekaligus dipimpin oleh Rois Majelis Kyai, KH. Musthofa Ali Murtadho.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan kepada kita atas kesungguhan kita dalam berkhidmat kepada Islam dan kaum muslimin melalui wasilah PP Baron ini, Aamiin.

Salam Sukses Berkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001