Hubungi Kami 0812 1720 9001

Bisnis

Sebelum kita membahas panjang lebar tentang bisnis, ada baiknya kita memahami apa itu bisnis dan untuk apa bisnis dilakukan. Dalam catatan saya pagi ini, saya akan mengurai sedikit tentang definisi bisnis dan pandangan bisnis dalam islam.

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau  bisnis lainnya untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris “bussines”, yakni kata bussy yang berarti sibuk dalam konteks individu, komunitas atau masyarakat. Sementara secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. (wikipedia.org)

Sementara di dalam islam, lingkup pembicaraan bisnis masuk dalam ranah pembahasan fiqh muamalah. Muamalah secara bahasa berasal dari kata ‘aamala, yu’amilu, mu’amalatan yang berarti saling bertindak, saling berbuat, dan saling mengamalkan. Menurut istilah muamalah berarti peraturan – peraturan diterapkan oleh Allah SWT yang harus diikuti dan ditaati setiap manusia dalam hidup bermasyarakat untuk menjaga kepentingan manusia (Muhammad Yusuf Musa).  Adapun yang termasuk dalam pembahasan muamalah, diantaranya adalah jual beli, sewa menyewa, utang piutang, pinjam meminjam, dan lain – lain.

Dalam muamalah tersirat sifat tolong menolong, sebagaimana digambarkan oleh Allah SWT yang berfirman : “Dan tolong menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan taqwa. Dan janganlah tolong menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan”. (Terjemah QS. Al – Maidah ayat 2)

Memagari pemahaman kita tentang bisnis atau muamalah sesuai dengan pandangan islam dibutuhkan agar supaya kita ketika memulai menjalankan bisnis (bermuamalah) memiliki rambu – rambu yang jelas dan tidak bertentangan dengan islam. Allah SWT berfirman : “Dan janganlah sebagian kamu memakan harta sebagian yang lain dengan jalan yang bathil dan janganlah kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim.” (Terjemah QS. Al – Baqarah ayat 188)

Insya Allah dalam catatan – catatan berikutnya saya akan mengurai dasar – dasar muamalah supaya kita semua memiliki pengetahuan yang cukup untuk bermuamalah.

Salam Sukses Berkah

2 Comment(s)

  • by Chairul Posted January 17, 2018 8:23 am

    Matur nuwun sharingnya

    • by administrator Posted January 17, 2018 9:49 am

      Inggih, semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001