Hubungi Kami 0812 1720 9001

Character Building adalah Membangun Kesadaran

Sobat, manusia adalah makhluk alam yang diciptakan Tuhan untuk hidup selaras bersama alam. Dengan sering bercengkerama bersama alam, dan mencari peng-alam-an, kita bisa mengerti hukum alam, menghormati alam, serta membaca tanda-tanda dan petunjuk-Nya yang tersebar dalam kejadian di seluruh penjuru alam. (Erbe Sentanu, Karakter 360 )

Sobat, dengan menjadi manusia yang cakap logika dan etika, kita akan meraih kebahagiaan dengan sikap perilaku yang sesuai harkat dan martabat manusia. Kebahagiaan diraih dengan tindakan menghormati orang lain. Kemuliaan didapat dengan kebiasaan mendahulukan orang lain.

Sobat, hanya dengan jiwa tenang dan bahagia manusia dapat memahami arahan-Nya. Jika kita tenang menjalani hidup, perjalanan hidup kita akan senang. Seandainya kita berusaha DIAM – Dalam Iman Aku Mendoa. Diam berarti mengheningkan pikiran (cipta) agar telinga batin kita mendengar suara (kata) hati. Dan terbuka menerima pesan yang terkemas dalam setiap kejadian, kita akan menyaksikan bahwa sesunguhnya hidup ini sangat dipenuhi oleh tuntunan kebahagiaan-Nya. DISIPLIN – Dengan disiplin, kita senantiasa sadar menjaga sikap agar : 1. Tidak mudah terkejut dan mengeluh. 2. Tidak mudah terpancing dan menyalahkan. 3. Tidak mudah tersinggung dan membenci.

Dengan sifat sabar dan tenang, setiap orang bisa menjadi pemimpin diri yang berkarakter; menjadi seorang yang percaya pada dirinya sendiri dan bersaksi atas kebenaran tuntunan ilahi dan orang tua yang ditaati. Makin banyak orang yang melakukannya, makin cepat perubahan positif dapat dilakukan.

Sobat, dalam artikel singkat ini kita akan membahas bagaimana membangun kesadaran manusia Indonesia yang sejatinya ada 5 Karakter jati diri masyarakat kita :

  1. Sadar Tuhan menjadi pedoman jiwa. Kesadaran bahwa Allah Yang Mahakuasa menciptakan manusia dan kehiduapn dengan Cinta-Nya. Dengan kesadaran itu, kita bisa menjalani hidup dengan keyakinan sifat jujur dan ikhlas.
  2. Sadar Diri menjadi pedoman hati. Kesadaran bahwa diri manusia diciptakan sama dengan lainnya dengan sifat Kasih-Nya. Dengan kesadaran ini, kita bisa menjalani hidup dengan percaya diri dalam sikap perilaku sopan, rendah hati, dan tidak sombong untuk meluaskan cinta dan kasih sayang kepada sesama dan alam kehidupan.
  3. Sadar Hidup menjadi pedoman nurani. Kesadaran bahwa hidup adalah karunia Allah yang diciptakan dengan sifat sayang-Nya dan harus dijaga sebaik-baiknya dengan sikap tanggung jawab dengan perilaku yang berguna.
  4. Sadar Masalah menjadi pedoman sikap. Kesadaran bahwa masalah adalah cara Allah SWT untuk memperbaiki kesalahan sikap perilaku manusia dan mengembalikan sifat cinta dan kasih sayang ke dalam diri manusia. Sehingga kita bisa memahami hikmah atas masalah yang menuntun kita menjadi manusia yang sabar, peduli dan cerdas.
  5. Sadar Bahagia menjadi pedoman perilaku. Kesadaran bahwa bahagia adalah fitrah jiwa manusia agar kita bisa menjalani hidup dengan gembira, murah hati, dan bersyukur sebagai makhluk yang dicintai, dikasihi, dan disayangi-Nya.

Sobat, Sobat. Untuk meningkatkan kesadaran, kita mengalirkan aktivitas AIR sepanjang waktu di dalam diri:

  1. Amati kejadian dan pikiran tanpa penyangkalan.
  2. Introspeksi tindakan tanpa menyalahkan.
  3. Reposisi niat dan hati tanpa kepentingan.

Dengan begitu kita meningkatkan kepekaan indera menyidik datangnya persoalan informasi dan akal mengenali peluang dan solusi, lewat hati yang sepenuhnya merasai.

Sobat. Jalani hidup ini dengan penuh kesadaran dan kesyukuran! Nisacaya anda akan hidup dalam keberkahan dan keberlimpahan! Tidak ada kata paling indah dan paling dahsyat kekuatannya melainkan kata Syukur !

Sobat, sebelum mengakhiri tulisan ini mari sejenak kita lakukan hal berikut ini: Pejamkan mata Anda! Tarik nafas perlahan dalam-dalam kemudian keluarkan pelan-pelan. Rasakan segala kelimpahan nikmat-Nya. Syukuri kenikmatan itu masih tetap bersama Anda! Lalu ucapkanlah Alhamdulillahi ala kulli hal dengan penuh penghayatan.

Salam Dahsyat dan Luar biasa !

(Spiritual Motivator – N. Faqih Syarif H, M.Si. Penulis buku-buku motivasi dan pengembangan diri. Narasumber tetap Radio SMART 88.9 FM Surabaya. Pengurus Komnasdik Jatim. www.faqihsyarif.net )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001