Hubungi Kami 0812 1720 9001

INFAQ DAN SHODAQOH MENSUCIKAN HARTA

Oleh Ustadz Suliswanto, S.Pd

Ketua Takmir Masjid Al Izzah Pondok Pesantren Baron

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuhu

Tujuan infaq dan shodaqoh yang utama adalah untuk mensucikan harta kita karena sesungguhnya di dalam rezeki yang diberikan oleh Allah SWT ada hak orang lain yang harus kita tunaikan. Seperti yang telah Allah SWT firmankan dalam Al Qur’an surat Adz-Dzariyat ayat 19 yang berbunyi :

وَفِي أَمْوَالِهِمْ حَقٌّ لِلسَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ

“Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian.”

Setelah kita tunaikan infaq dan shodaqoh, maka harta kita telah suci sehingga apa yang kita miliki menjadi berkah bagi kita dan keluarga. Selain itu juga banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dari menginfaqkan sebagian harta kita diantaranya :

  1. Sebagai sarana pembersih jiwa, dengan berinfaq dapat mensucikan diri dari sifat kikir, tamak, dan dari kecintaan terhadap dunia.
  2. Infaq dapat mensucikan harta dari hak-hak orang lain.
  3. Infaq merupakan realisasi kepedulian sosial. Infaq dapat membina kelembutan hati seseorang terhadap sesama, mempererat tali persaudaraan terhadap sesama untuk mewujudkan suasana hidup takaful dan tadhomun (rasa sepenanggungan).
  4. Infaq merupakan rasa syukur kepada Allah SWT.

Jika kita tidak mau bershodaqoh atau berinfaq karena takut harta kita akan berkurang, maka itu bukanlah alasan yang dibenarkan. Memang jika dipikir secara logika ketika kita menginfaqkan sebagian dari rezeki kita, maka uang atau harta kita pastinya akan berkurang. Namun, Allah SWT telah berjanji dalam Al-qur’an Surat Al Baqarah ayat 245 bahwa Allah akan melapangkan rezeki kita dan mendatangkannya dari arah yang bahkan tidak pernah kita duga. Jadi, jangan pernah kita tidak bershodaqoh hanya karena takut harta kita habis.

Maka, mari ikut andil dan berpartisipasi untuk menginfaqkan sebagian harta kita untuk Masjid Al Izzah Pondok Pondok Pesantren Baron bisa ditasarufkan melalui Bank Syariah Indonesia (BSI) di nomor rekening 7146741902  a.n Masjid Al Izzah.

Info lebih lanjut terkait pembangunan Masjid Al Izzah bisa menghubungi :

  1. Ustadz Dwi Soni. S, S.Kom (Kepala Bidang SPSB) di nomor HP/WA 0812 1720 9001.
  2. Ustadz Nugroho Dimastoro, S.Pd., Gr (Humas Yayasan Pondok Pesantren Baron) di nomor HP/WA 0857 3029 4757.

Semoga urusan kita senantiasa dimudahkan oleh Allah SWT, Aamiin

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuhu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001