Hubungi Kami 0812 1720 9001

Sholat Gerhana Bulan di Ponpes Al-Ihsan Baron

ponpesbaron.id – Nganjuk, 31 Januari 2018 seluruh dunia disuguhkan dengan peristiwa kebesaran Allah SWT, yakni Gerhana Bulan. Amalan yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk umat muslim ketika melihat Gerhana Bulan adalah melaksanakan Sholat Gerhana Bulan (Sholat Khusuf) dua rokaat. Meskipun hukumnya sunnah, amalan tersebut alhamdulillah dilaksanakan oleh para santri dan asatidz Ponpes Al-Ihsan Baron. Bertugas sebagai imam dalam Sholat Gerhana Bulan adalah Ust. Zen Miftahurrahman. W, S.Pdi. Suasana khusyuk menyelimuti pelaksanaan Sholat Gerhana Bulan hingga selesai sholat.

Setelah melaksanakan Sholat Gerhana Bulan, para santri dan asatidz Ponpes Al-Ihsan Baron meneruskannya dengan khutbah. Bertindak sebagai khotib adalah Ust. Yusuf Ariga, SEI. Tema materi khutbah yang disampaikan khotib, yakni “Gerhana Bulan Kekuasaan Allah SWT dan Istiqomahlah di Jalan Nya”. Untuk itu seluruh umat muslim dihimbau untuk melakukan amalan – amalan sunnah saat melihat gerhana bulan. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ، لاَ يَنْخَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا ، وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda – tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut, maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah salat, dan bersedekahlah.

Semoga dengan melaksanakan amalan – amalan sunnah saat melihat gerhana bulan dapat menambah keimanan dan ketakwaan kita sebagai umat muslim, bil khusus Keluarga Besar dan Para Santri, serta Walisantri Ponpes Al-Ihsan Baron kepada Allah SWT. Aamiin Ya Robbal ‘Aalamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001