Hubungi Kami 0812 1720 9001

Tips Membuat Proposal Hidup (2)

Setelah kita memahami betapa penting dan perlunya membuat proposal hidup, maka langkah pertama yang harus segera kita lakukan adalah memulai, take action.

Cara – cara yang saya lakukan saat memulai membuat proposal hidup, yaitu pertama, memikirkan, merenungkan, menghayati, mencari, menemukan,  dan mendetailkan apa potensi yang kita miliki saat ini. Tidak gampang memang untuk menemukan potensi tersebut, tetapi hal tersebut harus bisa kita temukan dalam diri kita supaya kita mudah dalam melakukan langkah berikutnya.

Kedua, Bila sudah kita temukan potensi diri yang ada dalam diri kita,  maka langkah selanjutnya adalah tentukan target apa yang mau kita raih. Hendaknya target yang ingin kita raih tidak berupa materi, tetapi berupa motivasi, spiritual, dan sejenisnya yang mampu menginspirasi kita untuk selalu bisa berbuat baik, baik untuk diri kita dan orang-orang yang ada di sekitar kita.

Ketiga, Tuliskan potensi diri yang sudah kita temukan atau kita tentukan,  sekaligus target yang ingin kita raih dari potensi diri yang kita miliki tersebut. Berapa lama atau kapan target tersebut kita tetapkan untuk tercapai. Penulisan ini perlu kita lakukan agar kita tahu progres pencapaian target dari waktu ke waktu, serta kita bisa melakukan evaluasi atas target yang kita tetapkan.

Keempat, Bila sudah ditulis waktu pencapain targetnya, langkah selanjutnya tentu berikhtiar untuk menjalankan apa target yang telah ditentukan, berdo’a, dan senantiasa bersyukur  kepada Allah SWT, serta disertai dengan  bertawakal kepada Allah SWT.

Saudaraku semuanya marilah kita terus berbenah dan melakukan perubahan-perubahan positif dalam diri kita sehingga kita bisa menghadirkan sesuatu yang terbaik dalam diri kita. Tidak hanya berguna untuk diri kita, tetapi juga untuk masyarakat, bangsa, negara, dan agama kita. Bukankah Allah SWT juga telah mengingatkan kita bahwa Allah SWT tidak akan pernah merubah suatu kaum sehingga kaum itu merubah apa yang ada dalam dirinya (baca QS. Ar Ra’du ayat 11).

Demikian beberapa tips sederhana dari saya. Insya Allah dalam catatan saya berikutnya untuk memudahkan pembuatan proposal hidup, akan langsung saya buatkan contohnya. Selamat menikmati catatan saya dan menunggu catatan – catatan saya berikutnya dengan judul Ya Allah, Inilah Proposal Hidup Hamba.

1 Comment

  • by ABDUL AZIZ Posted December 28, 2017 1:44 am

    Assalamu’alaikum wr.wb. pembaca yang dirahmati Allah. Mohon maaf tulisan Ya Allah, Inilah Proposal Hidup Hamba, tidak jadi saya tayangkan dalam website ini. Apabila ada yang ingin meminta bimbingan lebih lanjut terkait tehnis bagaimana cara membuat proposal hidup, bisa hubungi saya di 082140280004. Salam Sukses Berkah. Wasalamu’alaikum wr.wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001