Hubungi Kami 0812 1720 9001

Manajemen Waktu

Terkadang kita sangat kesulitan mengatur waktu yang kita miliki. 24 jam sehari semalam yang tersedia terasa kurang. Apalagi dengan banyaknya agenda yang harus dijalankan.

Ada sedikit pengalaman saya yang barangkali bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi siapa saja yang kesulitan untuk mengatur waktu.

Ini berawal dari ditunjuknya saya sebagai sekretaris panitia peringatan 10 Tahun Diploma III Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya pada tahun 1994, tepatnya 24 tahun lalu.

Sebagai seorang mahasiswa semester III-IV pada saat itu, tentu amanah ini cukup menyita waktu karena juga dihadapkan pada padatnya praktikum di RSUD Dr. Soetomo dan kuliah.

Karena terus belajar alhamdulillah saat itu saya menemukan cara yang menurut saya efektif. Setiap hari saya membuat list agenda harian antara 10 – 15 agenda. Lalu list agenda tersebut saya urutkan sesuai dengan urutan waktu dan pelaksanaan agenda harian yang saya rencanakan pada hari itu.

Setiap kali saya telah menyelesaikan satu agenda, maka agenda kegiatan yang saya list tersebut saya coret. Begitu seterusnya sampai waktu sore/malam dimana waktu istirahat tiba.

Apabila dari 10 – 15 agenda kegiatan pada hari itu ada yang tidak bisa saya kerjakan, maka agenda yang tertunda itu saya masukkan pada list agenda harian berikutnya.

Hari berganti hari, demikian pula minggu berganti minggu sampai akhirnya bulanpun berganti bulan. Setidaknya tiga bulan berturut-turut setiap hari saya membikin list kegiatan tersebut. Akhirnya menurut saya menjadi sebuah kebiasaan yang sistemik. Saya menjadi lebih disiplin, pekerjaan runtut, dan semua pekerjaan bisa diselesaikan sesuai dengan target yang saya tetapkan.

Alhamdulillah pelajaran kecil itu menjadi pembiasaan dalam diri saya yang terus bisa saya jalankan meskipun kemudian tidak lagi membutuhkan kertas kecil untuk menulis  list agenda harian, seperti yang saya lakukan 24 tahun yang lalu.

Semoga Allah SWT memberikan kemudahan kita semua untuk mengoptimalkan waktu yang kita miliki untuk terus berubah menuju kebaikan.

Salam Sukses Berkah.

2 Comment(s)

  • by Sunaryo Posted January 13, 2018 6:13 pm

    Aamiin. Menginspirasi sekali, kadang awal mau nulis list itu yg males. Sehingga dijalani seperti air mengalir, shg banyak kerjaan yg tertunda.

  • by Ummu Aisyah Qurrota A’yun Posted January 14, 2018 11:46 am

    InsyaAllah tips yg bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001