Hubungi Kami 0812 1720 9001

Musibah Yang Terus Datang Bertubi – Tubi

Allah SWT berfirman :

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ

Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy Syura: 30).

Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Wahai sekalian manusia, ketahuilah bahwa musibah yang menimpa kalian tidak lain adalah disebabkan karena dosa yang kalian dahulu perbuat. Dan Allah memaafkan kesalahan-kesalahan kalian tersebut. Dia bukan hanya tidak menyiksa kalian, namun Allah langsung memaafkan dosa yang kalian perbuat.” Karena memang Allah akan menyiksa seorang hamba karena dosa yang ia perbuat. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman,

وَلَوْ يُؤَاخِذُ اللَّهُ النَّاسَ بِمَا كَسَبُوا مَا تَرَكَ عَلَى ظَهْرِهَا مِنْ دَابَّةٍ

Dan kalau sekiranya Allah menyiksa manusia disebabkan usahanya, niscaya Dia tidak akan meninggalkan di atas permukaan bumi suatu mahluk yang melata pun” (QS. Fathir: 45)

Kembali kepada Allah SWT dengan menjalankan Islam secara kaffah.

Berbagai musibah yang terus terjadi, baik gempa (di Lombok, NTB dan disusul di Palu), serta jatuhnya pesawat Lion Air hari ini, dan sebagainya merupakan ujian, sekaligus peringatan dari Allah SWT yang diakibatkan oleh ulah manusia sendiri. Itu semua bisa jadi karena kita mulai mengabaikan Allah SWT dan RasulNya, serta mengabaikan Al Qur’an dan As Sunnah yang telah diturunkan kepada manusia.

Untuk itu, mari kita semua intropeksi diri dan kita semua kembali kepada Allah SWT dengan menjalankan Al Qur’an dan As Sunnah secara totalitas.

يَا اَيُّهَا الَّذِينَ اَمَنُوا ادْخُلُوا فِى السِّلْمِ كآفَّةً

“Wahai orang-orang yang beriman, masuklah kalian ke dalam agama Islam secara kaffah.” Pernyataan tersebut merupakan terjemahan dari ayat Alquran (Q.S. al-Baqarah [2]: 208)

Semoga dengan kembalinya kita kepada Allah SWT dan RasulNya, musibah demi musibah yang menimpa umat manusia di negeri ini tidak terus berlanjut. Aamiin Ya Allah Ya Robbal ‘alamiin

Catatan :
Atas nama keluarga besar Pondok Pesantren Baron, kami turut berduka cita yang mendalam atas musibah jatuhnya pesawat Lion Air hari ini.

Semoga Allah SWT mengampuni mereka semua. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Telp/SMS/WA 0812 1720 9001